AGAMA, NEGARA DAN AKHLAK - Suatu Pengantar tentang Realitas Kehidupan

 

Negara yang berpenduduk muslim yang cukup banyak akan berkembang tradisi keislaman yang secara serius memperbincangkan masalah-masalah kemanusiaan seperti kemiskinan, demokrasi, kesetaraan, keadilan dan HAM. Masalah-masalah seperti itu merupakan masalah kontemporer yang pada perdebatan kaum muslim sebelum abad ke-20 jarang diperdebatkan secara serius. Namun sejak abad ke-20 sampai seterusnya akan mendapatkan perhatian serius sebab masalah-masalah itu merupakan   masalah   riil   bukan   saja   menyangkut   warga   non muslim   tetapi juga sekaligus masalah warga negara yang beragama Islam dalam sebuah Negara. Perdebatan itu pada akhirnya melahirkan pribadi-pribadi progresif.

Seorang   Muslim   yang   progresif haruslah bersedia untuk berjuang. Fokus perjuangannya untuk menegakkan keadilan sosial di muka bumi ini.   Perjuangan   itu   bisa   berwujud   pada   advokasi   hak-hak   orang yang termarjinalisasi, orang yang tertindas, orang yang terkena polusi lingkungan, serta orang yang “yatim” secara sosial dan politik.

Buku ini mendedahkan posisi agama dan kehidupan, manusia dan negara, menghidupkan akhlak serta beragama, bernegara denga  berakhlak. Dengan pembahasan yang singkat tapi dibanjiri nilai-nilai filosofi akan mampu menggambarkan hubungkait antara agama dan negara. Dengan tulisan ini akan dapat memantik pemikiran baru bagaimana sejatinya hidup di negara ini dalam balutan nilai-nilai agama.


Penulis :  Dr. Junaidi, SHI., M. Hum., Dr. Arisman, SHI., M. Sy., Nadia Deby Sukanti

ISBN               : Sedang Proses

Tebal Buku      : x, 74 hal (145x205 mm)

Harga               : Rp. 35.500.-

 


Post a Comment

0 Comments