PEMBELAJARAN TEMATIK MI/SD (Konsep dan Aplikasi)

 

        Salah satu komponen penting dalam sistem pendidikan adalah kegiatan pembelajaran atau juga diistilahkan dengan interaksi edukatif. Pendidikan sebagai proses pembudayaan dan pemberdayaan peserta didik yang berlangsung sepanjang hayat merupakan salah satu prinsip dalam pendidikan. Untuk dapat mewujudkan prinsip tersebut tentunya tenaga pendidik merupakan sosok yang memiliki peranan yang sangat menentukan. Oleh sebab itu guru harus melengkapi dirinya dengan berbagai aspek yang mendukung kearah keberhasilan.
        Kurikulum merupakan salah satu komponen inti dalam pendidikan. Sesuai dengan kurikulum 2013, khusus untuk pembelajaran pada tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Sekolah Dasar (SD) menggunakan pendekatan Tematik yang mengintegrasikan berbagai kompetensi dari beberapa mata pelajaran kedalam sebuah tema.
        Pembelajaran tematik merupakan suatu pendekatan dalam pembelajaran yang secara sengaja mengaitkan beberapa aspek baik dalam satu mata pelajaran maupun antar mata pelajaran. Dengan adanya perpaduan itu, peserta didik akan memperoleh pengetahuan dan keterampilan secara utuh sehingga pembelajaran menjadi bermakna bagi peserta didik. Dikatakan bermakna artinya, peserta didik akan memahami konsep-konsep yang mereka pelajari melalui pengalaman langsung dan menghubungkan dengan konsep lain yang sudah mereka pahami.

Penulis             : Dr. Hj. Mardia Hayati, M. Ag., Dra. Hj. Sakilah, M.Pd

ISBN               : 978-623-5483-52-8

Tebal Buku      : vii, 198 hal  (145x205 mm)

Harga               : Rp. 65.000.-

Post a Comment

0 Comments