Konsep dan Inovasi Pembelajaran Keterampilan Menulis dan Kaligrafi Arab ( Prinsip, Pendekatan dan Metode Pengajarannya)

 

    Kaligrafi Islam, yang juga sering disebut sebagai kaligrafi Arab atau Seni Lukis Hhuruf Arab, merupakan suatu seni artistik tulisan tangan, atau kaligrafi, serta meliputi hal penjilidan, yang berkembang di negera-negera yang umumnya memiliki warisan budaya Islam. Bentuk seni ini berdasarkan pada tulisan Arab, yang dalam waktu lama pernah digunakan oleh banyak umat Islam untuk menulis dalam bahasa masing-masing. Kaligrafi adalah seni yang dihormati di antara berbagai seni rupa Islam, karena merupakan alat utama untuk melestarikan   tulisan Al-Qur'an dan Al-Hadits.
    Kaligrafi Arab lebih dikenal di Indonesia, dibandingkan seni kaligrafi yang lainnya. Salah satu penyebabnya karena perkembangan seni kaligrafi Arab cukup mendapatkan posisi dan sudah di bawa serta dikenalkan pada masa kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia. Hal ini dapat dilihat bahwa kaligrafi menjadi salah satu peninggalan sejarah kerajaan-kerajaan Islam. Dalam buku Seni Kaligrafi (1985) oleh Abdul Karim Husain, kata kaligrafi berasa dari bahasa latin yang terdiri dari kalios (calios) artinya indah dan graf (graph) yang berarti gambar atau tulisan.
    Fungsi utama kaligrafi yang dijumpai adalah untuk menghias agar tampak lebih indah. Besarnya minat seniman muslim untuk menuangkan kreativitas seni, muncul secara bersamaan dengan tingginya rasa hormat terhadap tokoh-tokoh yang berjasa. Kaligrafi sebagai alat untuk menyampaikan maksud tertentu.

Penulis             :   Dr. Rusdi, M.A., Mahyuddin Syukri. M.Ag.

ISBN               : Sedang Proses

Tebal Buku      : viii , 141   hal (155x230 mm)


Harga               : Rp. 50.000 .-

Post a Comment

0 Comments